12.07.2010

PERJUANGAN KELOMPOK TANI, MENDAPATKAN PROGRAM PMD


Workshop program PMD
Untuk mendapatkan program dari pemerintah, tidak semudah membalikan telapak tangan, selain kelompok tani aktif dalam kegiatan usahanya dalam bidang pertanian, juga dituntut untuk selalu siap dihadapkan dengan berbagai permasalahan baik administrasi maupun yang lainnya.
Perjuangan tersebut dirasakan ketika para kelompok tani dari Kecamatan Pacet, melengkapi berbagai administrasi tentang program Penggerak Membangun Desa (PMD).
Tujuan program PMD adalah untuk meningkatkan peran tenaga penggerak (champion) dalam memberdayakan kelembagaan petani di kawasan hortikultura dalam wadah konsorsium hortikultura. Sasaran dari program PMD adalah berkembangnya kelompok usaha agribisnis hortikultura yang berorientasi pasa dan bukan hanya usaha budidaya.
Administrasi yang dilengkapi mulai pembuatan proposal, penyertaan buku rekening, pembuatan rencana usaha kelompok (RUK), pembuatan kartu NPWP, seleksi administrasi dan workshopt di Bogor. Mudah-mudahan perjuangan tersebut bukan hanya dilakukan di awal program. Namun dapat dijalankan sampai tujuan dan sasaran dari pemerintah tercapai.

0 komentar: