2.07.2011

6 CARA MEMBUAT SUKADE YANG MENGUNTUNGKAN


Sukade merupakan produk setengah jadi, Sukade bisanya digunakan untuk hiasan ataupun untuk penambah cita rasa dalam pembuatan roti/kue. Sukade merupakan manisan basah yang dikeringkan, dan mempunyai rasa manis, asam dan segar.

Sukade biasanya berbentuk potongan-potongan kecil berwarna warni dan agak transparan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sukade :
Untuk membuat sukade dipilih pepaya yang masih mentah sehingga larutan gula, asam sitrat dan pewarna mudah meresap.

Ciri-ciri pepaya mentah yang baik adalah; Warna daging putih bersih dan jangan menggunakan pepaya yang terlalu muda, karena kalau terlalu muda menghasilkan sukade yang berkerut.

Pepaya dipotong kecil-kecil berbentuk dadu agar larutan gula, asam sitrat dan pewarna dapat meresap optimal pada potongan pepaya.

Perendaman dalam air kapur dimaksudkan agar tekstur sukade keras.

Blansing adalah pemanasan yang dilakukan pada bahan baku yang bertujuan untuk menghilangkan kontaminasi mikroba pada bahan baku untuk menghambat warna coklat akibat reaksi enzimatis.

Perendaman dalam larutan gula dan asam sitrat bertujuan untuk memberikan rasa manis asam dan segar . Selama perendaman dalam asam sitrat ditambahkan juga pewarna.


Pengeringan bertujuan untuk mengurangi kadar air sukade sehingga daya simpannya meningkat. Pengeringan dilakukan dengan cara sukade dikeringanginkan sehingga sukade yang dihasilkan setengah basah.

Semoga, 6 Cara Membuat Sukade Yang Menguntungkan bermanfaat bagi anda. Terima kasih, kalau mau ada yang komentar silahkan…

Sumber Utama: Tabloid Sinar Tani
Anda ingin tahu peluang usaha bidang agribisnis? 
KLIK SAJA: www.abdulsidik.com

0 komentar: