12.07.2010

SAYURAN POKTAN CEMERLANG PACET TEMBUS PASAR SUPERMARKET DAN HOTEL

Sekretariat Poktan Cemerlang
Tanaman hortikultura di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur menjadi salah satu icon unggulan, selain didukung oleh lahan yang subur juga dilakukan oleh para petani yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan di bidang hortikultura yang memadai.
Salah satu kelompok tani yang bergerak di bidang hortikultura adalah kelompok tani Cemerlang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.
Menurut Ketua Kelompok Tani Cemerlang Ace Saepulloh, sayuran yang dibudidayakan oleh anggota kelompok tani Cemerlang sudah menembus pasar supermarket yaitu ke; Green Luck, Papaya, Kamome Kamcik di daerah Jakarta. Selain ke supermarket juga komoditi unggulan kelompok tani Cemerlang masuk ke hotel-hotel seperti ; Novel Hotel dan Lido Like Hotel yang berada di daerah Bogor, Hotel Pangrango Sukabumi, sedangkan ke lestoran dan makanan cepat saji seperti ke KFC di Bogor dan Asuka Lestoran Cikarang.
Setiap hari Kelompok Tani Cemerlang mengirimkan kurang lebih 2 mobil colt untuk mensuplai ke pasar dan hotel tersebut, dan omset perbulan pun kurang lebih 10 juta yang dapat digulirkan dan diterima oleh kelompok tani Cemerlang.
Prestasi kelompok tani Cemerlang khususnya dalam bidang administrasi adalah tahun 2007 mendapatkan Juara I kelompok tani terbaik dalam bidang administrasi, dan sebagai hadianya adalah berupa uang sebesar Rp. 20 juta, dan uang tersebut dibelikan untuk sarana produksi seperti; benih, pestisida nabati, dan lain sebagainya, sehingga seluruh anggota mendapatkan manfaat dari hadiah prestasi tersebut.
Menurut R. Wibowo (kepala seksi SDM dan Pemasaran) pada tahun 2008 kelompok tani Cemerlang sudah dapat memperkerjakan tujuh orang karyawan tetap dan sekarang 2010 sudah bertambah menjadi lima belas orang karyawan tetap, mulai dari pencucian, sortasi, grading, pengemasan, labeling, sampai dengan pengangkutan ke berbagai daerah tujuan pasar.

Sumber: Tulisan Abdul Sidik di Sinar Tani

0 komentar: