12.09.2010

SOSIALISASI DIVERSIFIKASI PANGAN PADA GAPOKTAN

Belum lama ini sedikitnya 20 gabungan kelompok tani se Kabupaten Cianjur mengikuti sosialisasi diversifikasi pangan. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan antar Kementrian Pertanian RI dengan Cahaya Agro Unggul, dilaksanakan selama dua hari, bertempat di Wisma Sinar Kasih, kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.Acara dihadiri Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian sekaligus keynotspeaker Sosialisasi Sriwulan, dan Wakil Bupati Cianjur Dadang Sufianto. Hadir sejumlah pemateri dari praktisi pertanian.
Dalam kesempatan ini , Ketua Panitia Sosialisasi, Cahyadi mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka mempercepat pelaksanaan penganekaragaman konsumsi pangan non beras dengan prinsip gizi seimbang. 
Gizi seimbang itu mengandung cukup sumber karbohidrat, protein, lemak dan mencukupi kebutuhan kalori sesuai standar kebutuhan hidup sehat sebesar 2.200 KKL per- hari. Makan dari itu yang menjadi peserta pada sosialisasi kali ini dari gapoktan agar mereka mengetahui tentang pangan non beras. 
Disampaikan pula, masalah pangan saat ini bisa terlihat dari konsumsi beras di Indonesia tahun 2009 sebesar 139,15 Kg/Kap/Tahun cukup tinggi dan berada di atas rata-rata konsumsi beras dunia sebesar 60 Kg/kap/tahun, dan konsumsi terigu tahun 2009 juga telah mencapai 10,32 kg/kap/tahun.Jumlah itu menunjukkan bahwa keragaman pola konsumsi pangan masyarakat belum terwujud, dan konsumsi masyarakat masih didominasi oleh kelompok padi-padian. 
Untuk itu, pihaknya mengajak para petani agar melakukan pengembangan potensi sumber daya pertanian dalam model pembangunan terpadu. Salah satunya melalui pengembangan usaha tani dengan berbagai cabang usaha dengan menitik beratkan pada komoditas yang secara alamiah tersedia dalam jumlah besar, berkualitas, gizi baik dan memiliki keunggulan komparatif. 
Kedepannya kebebasan dibuka dengan mengurangi subsidi sktor tanaman pangan, khususnya biji-bijian dengan pengembangan jenis makanan tradisional, atau bisa juga penggantian subsidi beras dan terigu ke subsidi gaplek dan jagung.
_________________________
Sumber: www.cianjurkab.go.id

0 komentar: